Sabtu, 26 Desember 2015

PROGRAM MENU PADA COBOL

KODINGANNYA :








LOGIKANYA :



IDENTIFICATION DIVISION merupakan divisi awal pada cobol untuk menunjukkan identitas program yang dibuat. Divisi ini mencakup PROGRAM-ID dan AUTHOR.
ENVIRONMENT DIVISION yaitu divisi yang berguna untuk memberi informasi tentang peralatan yang digunakan dalam program, terdiri dari CONFIGURATION SECTION dan INPUT-OUTPUT SECTION.
DATA DIVISION berguna untuk mendeskripsikan variabel-variabel dan jenis tipe data yang digunakan program. Divisi ini antara lain mengandung FILE SECTION, WORKING-STORAGE SECTION dan SCREEN SECTION.
WORKING-STORAGE SECTION berguna untuk mempersiapkan manipulasi atau operasi terhadap data, merancang bentuk hasil pemrosesan dan juga bentuk ‘heading’ dan menguraikan struktur record masukan dalam bentuk file.
01 OPERAND adalah pengawal record operand.
02 PIL PIC 9 untuk variabel PIL bertugas menyimpan data numerik/bersimbol 9 dan bersifat rata kanan, sedangkan untuk variabel ULANG (02 ULANG PIC A) dipakai untuk menyimpan data huruf (alphabet) yang sering ditulis A, dan bersifat rata kiri.
Level number 88 berfungsi untuk mengawali nama kondisi atau pilihan untuk penyeleksian data. Hanya terdapat 2 pilihan, yaitu jika memilih YA maka tekan Y/y (88 YA VALUE ‘Y’, ‘y’), dan jika TIDAK maka ketik T/t (88 TIDAK VALUE ‘T’, ‘t’)
01 BIO adalah record awal dari “BIO” yang berisi data item biodata berupa informasi nama, npm dan kelas.
02 NAMA PIC X(25)02 KELAS PIC X(5) digunakan untuk menyimpan data nama dan kelas dengan tipe data yaitu alphanumerik (gabungan angka, huruf maupun karakter khusus) dan picture clause X ini bersifat rata kiri.
02 NPM PIC 9(8) digunakan untuk menyimpan data bertipe numerik (angka) pada variabel NPM sebanyak maksimal 8 karakter dan bersifat rata kanan.
01 NILAI adalah record awal nilai yang mengawali data item untuk menyimpan nilai data numerik pada variabel UTS, UAS dan NIL yang berisi maksimal 3 karakter.
02 UTS PIC 9(3) digunakan untuk menyimpan nilai uts yang memiliki tipe data numerik dan bersifat rata kanan sebanyak maksimal 3 karakter. Begitu juga dengan penyimpanan data nilai UAS dan NIL menggunakan level number 02 dan Picture clause karakter 9.
01 VAR yaitu record awal untuk VAR.
02 KATA PIC A(20) adalah picture clause untuk tipe data alphabet. Berfungsi untuk menyimpan data untuk kata yang akan diprogram berulang pada menu ke 3, maksimal 20 karakter dan bersifat rata kiri.
02 ANGKA PIC 99 adalah picture clause 9 untuk tipe data numeric. Berfungsi menyimpan inputan data angka yang dipakai untuk menentukan berapa banyak kata yang ingin diulang.
02 A PIC 99 sebagai variabel A yang digunakan dalam fungsi hitung varying untuk pencetakan kalimat dari 1 sampai sebanyak angka yang disimpan dalam var ANGKA.
SCREEN SECTION berfungsi untuk menunjukkan bentuk format layar ketika diinput.
01 CLS berfungsi untuk menghapus layar dan 02 BLANK SCREEN merupakan isi dari record cls dan berguna untuk mengosongkan layar.
PROCEDURE DIVISION digunakan untuk menjalankan program dengan prosedur yang beraturan atau tersusun jelas dalam menyelesaikan masalah dalam program.
Masuk dalam record MENU. Dalam menu ini terdapat DISPLAY CLS yang berfungsi untuk membersihkan layar. Perintah DISPLAY untuk memunculkan tampilan daftar menu-menu dari menu 1 sampai 4 dan juga menampilkan pertanyaan ‘pilihan menu yang akan dipilih’.
DISPLAY ( , ) ‘MASUKKAN PILIHAN ANDA : ‘, ACCEPT PIL berfungsi untuk menginput pilihan menu yang terdapat pada daftar menu 1 – 4 diatas. Fungsi ACCEPT adalah untuk membaca inputan yang kita ketik untuk membuka menu yang dipilih.
Inputan yang dibaca untuk PIL hanya akan membawa program dalam record MEN1, MEN2, MEN3 dan MEN4. Selain dari itu ataupun kosong, maka output akan terbaca ‘MAAF MENU TIDAK ADA’.
Dalam record MEN1, terdapat DISPLAY SPACE yang berfungsi untuk menyisipkan spasi/jarak. Jadi, ketika program di-run maka hasil akan tercetak di bawah daftar menu sesuai data yang diinput.
DISPLAY ‘NAMA SAYA ADALAH : ‘ NAMA à program akan mencetak NAMA SAYA ADALAH dan NAMA akan membaca lalu mencetak data untuk nama yang kita inputkan tadi. Begitu juga dengan NPM dan kelas. Data yang diinput akan muncul dibawah ketika var dipanggil karena fungsi accept.
GO TO KEMBALI berfungsi memberi perintah pada program untuk pergi ke menu kembali.
MEN2 berisi data item nilai uts dan uas. Terdapat perintah accept untuk menyimpan inputan nilai uts dan juga uas. COMPUTE NIL = ( UTS * 0.7 ) + ( UAS * 0.3 ) adalah rumus hitung untuk membagi nilai uts dan uas dengan uts dikali 0.7 sedangkan uas dikalikan 0.3. Lalu hasil hitung yang disimpan dalam variabel NIL akan dipanggil pada display ‘JADI NILAI AKHIR ANDA’.
Pada menu ini terdapat statement kondisi IF. Jika nilai lebih besar dari 59 (>59) maka akan muncul SELAMAT ANDA LULUS. Namun jika nilai kurang dari 60 (<60) maka akan muncul MAAF ANDA GAGAL. Lalu GO TO KEMBALI, program akan beralih ke record kembali.
MEN3 adalah menu perulangan.
DISPLAY ( , ) ‘MASUKKAN KATA = ‘ Perintah untuk menginput kata yang akan dibuat berulang. ACCEPT KATA untuk membaca dan menyimpan data inputan yang kita tulis pada variabel KATA.
Sedangkan untuk DISPLAY ( , ) ‘MASUKKAN ANGKA = ‘ digunakan untuk menyisipkan berapa banyak angka/berapa kali kata ingin diulang. ACCEPT ANGKA untuk membaca inputan pada ANGKA.
PERFORM TAMPILKAN VARYING disini adalah rumus untuk membuat program berjalan ulang sesuai perintah yang ada. Pada output nanti akan tercetak kalimat dari satu (terus bertambah tiap baris) sampai dengan nilai A.
Dalam record Tampilkan berisi DISPLAY KATA yang berfungsi untuk memunculkan kalimat yang kita tulis dan akan tercetak berulang kebawah sebanyak angka yang kita masukkan tadi jumlahnya.
Pada record KEMBALI terdapat DISPLAY ‘KEMBALI KE MENU [Y/T] ? ‘, ACCEPT ULANG, yaitu pilihan ingin kembali ke menu atau tidak. Jika ya, ketik Y dan program akan kembali ke halaman awal dalam memilih menu. Jika tidak, ketik T dan program akan keluar/masuk dalam record SELESAI yang akan mengakhiri program.  Accept ulang untuk membaca inputan kita untuk Y/T yang terdapat pada level number 88 yang berguna dalam perintah kondisi.
MEN4 adalah record menu terakhir yang berisi display TERIMA KASIH!. Lalu STOP RUN untuk memberhentikan program.
Dan SELESAI  merupakan record terakhir dengan data item STOP RUN yang juga untuk memberhentikan program.

OUTPUTNYA :












 KETERANGAN OUTPUT :



  • Ketika program di-run, maka akan muncul daftar menu seperti gambar dibawah. Pada MASUKAN PILIHAN ANDA, kita dapat memilih daftar menu keberapa yang akan kita buka.
  • Jika input 1, maka yang keluar adalah PROGRAM BIODATA. Pada menu ini, kita diminta untuk mengisi nama, npm dan kelas. Setelah selesai, klik enter, lalu Nama, NPM dan Kelas yang kita isi tadi datanya akan muncul tepat dibawah daftar menu.
  • Pada menu 2 terdapat PROGRAM NILAI AKHIR yang diminta untuk memasukkan nilai uts dan uas. Setelah diisi nilainya, tekan ‘enter’ maka akan muncul hasil hitung nilai akhir dari penggabungan nilai uts dan uas. Disini kita masukkan uts: 91 dan uas: 95 maka nilai akhir yang didapat yaitu 92. Sesuai dengan inputan, jika >59 maka tercetak SELAMAT ANDA LULUS
  • Pada menu ke 3 yaitu PROGRAM PERULANGAN. Kita diminta menuliskan kalimat maksimal 20 karakter. Disini kita masukkan kata WILDEST DREAMS dan masukkan angka 9, maka kata tersebut akan tercetak 9 kali kebawah.
  • Pada setiap menu, kecuali menu 4 (Exit), akan ada pertanyaan KEMBALI KE MENU [Y/T] ? Jika kita ingin mencoba menu lain, mana klik Y/y untuk kembali ke menu awal lalu pilih ulang menu yang akan dibuka. Ketika kita pilih menu 4, yang tampil hanyalah kalimat ‘TERIMA KASIH!’

Tidak ada komentar:

Posting Komentar